Minggu, 11 September 2011

Digital Marketing 360 Seri 6

Oleh:  Thomas Joseph

Kembali lagi kita membahas Digital Marketing 360, setelah kita memiliki
Target Audience yang jelas, sebuah website yang dibangun sesuai
kebutuhan kita, kita juga telah mengoptimalkan content agar sampai ke
target Audience kita, memiliki media social yang dimaintain dan terukur,
memiliki fasilitas multiplatform yaitu mobile Application dengan device
yang sesuai dengan apa yang digunakan target Audience kita, serta
mengoptimalkan Website dan Apps kita di Mesin Pencari dengan keyword
yang sesuai dengan bisnis kita, maka masih satu hal lagi yang perlu kita
buat adalah Automatic Sales Machine. Pertanyaan apa yang dimaksud dengan
Automatic Sales Machine ? Automatic Sales Machine adalah sebuah sistem
otomatis yang memiliki 3 macam fungsi yaitu:

1. Yang pertama tools yang kita buat untuk dapat mengconvert dari
yang tadinya baru prospek menjadi pelanggan kita.
2. Yang kedua adalah menggali kebutuhan para pelanggan kita dapat
mendapatkan pembelian kembali dari para pelanggan kita.
3. Yang ketiga tools yang kita buat untuk memaintain hubungan relasi
kita dengan klien kita.

Banyak sekali orang telah menggunakan berbagai macam metode Digital
Marketing, tetapi jika mereka tidak memiliki Automatic Sales Machine,
maka tentunya akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan penjualan dari
usahanya itu.

Pada Dasarnya Automatic Sales Machine yang paling dibutuhkan ada 6 jenis
alat, dan pemakaiannya tergantung dari jenis produk, kebijakan marketing
Anda:

1. Sales Pages (Halaman Penjualan), Sales Pages adalah sebuah halaman
web yang isinya terfokus hanya menjual satu produk, didalam Sales Pages
tersebut telah didesign sedemikian rupa bahkan banyak yang didesign
dengan bahasa NLP sehingga ketika orang membaca tulisan didalamnya,
orang akan tertarik untuk membelinya. Umumnya didalam Sales Pages
memiliki rumus seperti ini: (1) Building Pain (untuk membangun kebutuhan
pembaca) – (2) Solusi / Manfaat (untuk menarik orang untuk membeli
solusi) – (3) Bukti-Bukti / Testimonial (untuk membangun kepercayaan
pembaca) – (4) Closing/ Action to Buy (time limitation : isinya
adalah jika ambil sekarang dapat discount, number limitation: isinya
bahwa produk tinggal berapa). Kita dapat menjadikan Sales Pages kita
sebagai Landing Pages untuk contextual ads yang kita pasang.
2. Email Marketing – Sebuah Engine Email yang untuk mengirimkan
email yang menarik orang untuk membeli produk/ service kita dimana dapat
didesign untuk dikirimkan secara berkala, ataupun dikirim pada waktu
yang ditentukan. Email Marketing memiliki tujuan yang sama dengan Sales
Pages yaitu untuk menjual Produk Anda, sehingga sebuah Email Marketing
bisa juga dikombinasikan dengan Sales Pages, misalnya dengan mengirimkan
sebuah Email Marketing yang memiliki link ke Sales Pages yang kita
miliki.
3. Affiliate System – Sebuah System untuk membangun jaringan
penjualan bagi bisnis Anda. Affiliate System kita membuat sebuah sistem
dimana setiap orang di dunia online dapat menjadi marketing kita, cara
kerjanya setiap orang yang mendaftar jadi Affiliate kita akan diberikan
generate code dimana dengan sistem ini kita dapat mengetahui dari link
siapa terjadi penjualan. Dengan sangat luar biasa karena dengan
Affiliate System maka kita dapat membangun pasukan agent penjualan tanpa
harus digaji, diseluruh dunia. Affiliate kita memiliki 3 macam tools
untuk menjual produk kita yaitu yaitu: banner, text link dan email
dimana dari setiap banner, text ataupun email sudah dipasang affiliate
code yang mereka miliki sehingga kita bisa mentrack dari link siapa
terjadi penjualan.
4. Newsletter – Newsletter adalah sebuah sistem email
berlangganan, dimana sistemnya para customer ataupun pelanggan
newsletter kita, akan mendapatkan Update informasi mengenai bisnis kita
baik tentang produk baru, promo, diskon, dan lain-lain. Apa yang
membedakan dengan Email Marketing ? Email Marketing sifatnya untuk
bisnis yang penjualannya dilakukan di Online sedang Newsletter sifatnya
untuk bisnis yang penjualannya dilakukan di Offline, jadi umumnya
Newsletter menggiring orang untuk datang ke Event yang kita adakan, atau
berkunjung ke Store yang kita miliki, dan lain-lain.
5. Voucher Generator – Voucher Generator adalah sebuah sistem
yang dibuat untuk mengirimkan penawaran Voucher yang telah didiskon
dengan harga khusus misalnya sebuah Salon Kecantikan memiliki harga
normal pelayanan Rp. 250.000,- tapi dengan membeli Voucher tersebut
cukup dengan harga Rp. 100.000,- , Tetapi Voucher ini jumlahnya dibatasi
misalnya hanya 30, sehingga dengan harga yang murah dan jumlah terbatas
akan benar-benar membuat Audience kita ingin sekali membelinya. Kini
Voucher Generator ini sangat banyak digunakan oleh perusahaan Retail,
tujuannya adalah membuat barang mereka laku semua tanpa sisa.
6. Lelang System – Lelang System sistem sendiri ada 2 macam yaitu
lelang biasa dan lelang turun harga. Lelang Biasa adalah sistem lelang
penjualan barang dimana barang akan jatuh ke penawaran tertinggi. Lelang
turun harga adalah sebuah sistem dimana setiap orang dapat membeli point
yang tujuannya untuk menurunkan harga, nanti siapa yang paling cepat
membeli dialah yang dapat membelinya.

Automatic Sales System merupakan Element yang sangat vital yang
dibutuhkan agar terjadi penjualan. Terima kasih telah mengikuti semua
seri Dari Digital Marketing 360

Selasa, 23 Agustus, 2011 19:45

Tidak ada komentar:

Posting Komentar