Sabtu, 10 September 2011

Digital Marketing 360 (Seri 1)

Oleh: Thomas Joseph

Kembali lagi kita membahas tentang Digital Marketing, banyak pertanyaan bagaimana menjalankan Digital Marketing yang effektif ?, atau sebagian dari kita sudah menggunakan Digital Marketing tetapi kok masih belum terjadi hasil, atau saya sudah mempunyai website tetapi kok masih tidak mendapat hasil apa-apa, terasa seperti sia-sia segala usaha dan biaya yang dikeluarkan.

Kali ini saya akan membukakan bagaimana rahasianya bagaimana menjalan sebuah planning Digital Marketing yang pastinya akan membantu Anda mendapatkan hasilnya. Saya akan berbagi metode yang saya buat yaitu Digital Marketing 360, sudah banyak klien-klien saya yang mendapatkan hasil yang memuaskan dari metode ini.

Banyak sekali orang menghabiskan waktu dan uang karena mereka melakukan pendekatan kepada orang atau pasar yang salah, maka langkah pertama yang harus kita lakukan dalam DM 360 adalah dengan membuat Mapping Sederhana, tujuannya untuk menemukan yang dinamakan Blue Ocean Market Anda, dimana tujuannya agar Anda dapat melakukan DM pada target Audience yang tepat sasaran. Caranya Anda dapat membuat 4 kolom yaitu:
Product/Bisnis Anda
- Apa keunggulan produk/service Anda?
- Apa pengalaman Anda ? Pembeli Produk Anda (Decision Maker)
- Siapakah yang mengambil keputusan produk/ services Anda ?
Pengguna Produk Anda (User)
- Siapakah yang paling sering menggunakan Produk Anda ? Siapa yang Mempengaruhi Pembelian (Influencer)
- Siapakah orang yang mempengaruhi orang untuk membeli produk/ service Anda ?


Isi Keempat kolom tersebut setelah itu Anda bisa menemukan kepada siapa Anda harus melakukan pemasaran atau yang disebut Target Audience. Setelah Anda menemukan Target Audience Anda barulah Anda bisa melakukan DM 360.

Langkah kedua adalah kita perlu membangun fondasi Awal yaitu sebuah Website, Mengapa harus website ? Banyak orang yang datang kepada saya, mereka mengatakan buat apa punya website, karena selama ini mereka menggunakan Social Media seperti Facebook, Twitter atau membuka lapak di KasKus untuk menjual produk mereka.

Tahukah Anda bahwa bila Anda tidak memiliki hak maupun jaminan dari pihak Facebook, Twitter, Kaskus ataupun lainnya bila suatu saat account Anda terjadi hal yang tidak diinginkan. Bila Anda tidak percaya Anda bisa baca di bagian Privacy and Policy mereka. Banyak juga kejadian teman-teman saya yang memiliki account Facebook ketika accountnya dihack orang lain, walau mereka sudah mengirimkan email ataupun berbagai cara sudah ditempuh tetapi account mereka tetap tidak bisa kembali.

Sedang bila Anda memiliki website sendiri dengan nama domain yang Anda beli secara resmi maka hak 100% atas penggunaan domain tersebut dipihak Anda sehingga bila apapun terjadi apa-apa Anda dengan mudah memperbaikinya. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan bagaimana caranya membuat Website yang ANDA buat bisa bermanfaat buat ANDA. Website tersebut harus disesuaikan dengan Target Audience ANDA, apa yang dimaksud disesuaikan dengan target Audience Anda ? Ada 5 Faktor yang harus Anda lihat, antara lain:

1. Faktor Tampilan , Anda wajib membuat tampilan yang sesuai dengan karakter target Audience Anda, yang dimaksud disini setelah Anda melakukan Mapping tentu Anda tahu siapakah target Audience Anda, bila target Audience Anda perusahaan tentu designnya harus formar disesuaikan, target Audience wanita tentu gunakan warna-warna pastel yang dilebih disukai oleh wanita, target Audience orang Eropa mereka suka design yang elegance, sedangkan orang Jepang lebih suka design simple minimalize.
2. Faktor Fitur, Kedua Anda wajib menentukan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan target Audience Anda. Anda harus tahu apa tujuan mereka mengunjungi website Anda, apakah untuk mencari informasi jika tujuannya untuk mencari informasi buatlah fitur yang dapat memudahkan mereka mencari informasi ataupun produk yang mereka cari. Jika mereka datang untuk berkonsultasi maka buatlah fitur konsultasi yang memudahkan mereka. Ingat Anda harus buat fitur yang User Friendly artinya memudahkan mereka, jangan buat mereka bingung dengan fitur yang Anda buat.
3. Faktor Bahasa, Ketiga adalah factor yang sangat significant, Anda wajib menentukan bahasa yang sesuai dengan target Audience Anda, bila target market Anda orang Indonesia tentu gunakan bahasa Indonesia, tetapi bila target Audience Anda International gunakan bahasa Inggris pada web Anda, bila target Audience Anda dari Negara tertentu Anda bisa gunakan bahasa yang sesuai. Bila Target Anda anak muda, maka gunakan bahasa anak muda supaya Anda dapat lebih akrab dengan mereka, sebaliknya bila target Audience Anda adalah perusahaan lebih baik gunakan bahasa-bahasa formal.
4. Faktor User Experience (UEX), Keempat adalah factor User Experience atau yang disingkat UEX, yang dimaksud adalah UEX adalah bagaimana Anda dapat menciptakan pengalaman yang sesuai agar Audience Anda merasa nyaman berada di website Anda dan mau melakukan interaksi dua arah, artinya ada aktifitas yang dia lakukan diwebsite Anda, misalnya mencoba-coba fitur gallery dengan memilih-milih gambar yang mereka ingin lihat, melakukan posting comment. UEX adalah factor kesuksesan sebuah website, bagaimana UEX dapat membuat pengunjung Anda betah sampai akhirnya dia merekomendasikan web Anda ke teman-teman dan relasi mereka. Untuk itu Ada wajib memikirkan factor UEX yang ingin Anda bangun yang sesuai tentunya dengan Target Audience Anda.
5. Faktor Content (Usable), Kelima adalah factor Content, Anda harus membangun sebuah content yang bermanfaat sesuai dengan Target Audience Anda. Misalnya target Audience Anda adalah orang-orang yang peduli tentang kesehatan maka Anda bisa membuat Artikel-artikel yang berhubungan dengan kesehatan, misalnya tips tentang makanan sehat, cara hidup sehat, dan seputar itu.

Jadi membuat Website adalah Dasar dari DM 360 sebagai Basecamp dari aktifitas Digital Marketing 360 yang Anda lakukan. Ibarat bila didunia nyata Anda memiliki Representative Office maka Website Adalah Kantor Anda di Dunia Digital.

Ada 5 langkah lagi yang harus dilakukan dalam melakukan DM 360, ikuti selalu artikel-artikel saya selanjutnya. Bersambung……


Kamis, 18 Agustus, 2011 23:05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar