Minggu, 11 September 2011

Data Hitam Lalu Lintas & Jalan Raya

Oleh:  Lorco Safety

Apa saja  Data Hitam Lalu Lintas & Jalan Raya ini ?.
Berikut ini adalah data dari berbagai sumber mengenai data data terkait aktivitas berlalu lintas termasuk mengenai kecelakaan lalulintas dan penyebabnya.
  • Hingga saat ini kecelakaan jalan raya masih memegang predikat "pembunuh" terbesar ketiga di dunia, setelah penyakit jantung dan TBC. (Data WHO). Jangan sampai Anda menjadi korbannya.
  • Dalam setiap 9,1 menit sekali terjadi satu kasus kecelakaan di jalan raya. (Data Kepolisian RI tahun 2009). Semoga setiap menit hidup Anda adalah keselamatan dan selalu mengutamakan keselamatan saat berkendaran.
  • 8 dari 10 kecelakaan kendaraan bermotor di jalan raya Indonesia melibatkan pengendara sepeda Motor (Data Dishub). Biker sejati wajib selalu berhati hati.

  • Tercatat, dari sekitar 1.536 korban kecelakaan, sekitar 81,45% adalah karyawan swasta. (Data Polda Metro Jaya). Kalau celaka bagaimana bisamencari nafkah lagi ?.

  • 63 %  Kecelakaan Lalulintas mengakibatkan kemiskinan pada keluarga korbannya (Data Pustral UGM-2004). Kalo tulang punggung keluarga yang celaka, siapa yang akan menopang ekonomi keluarga ?

  • Pada tahun 2010, sejak H-7 hingga saat Lebaran tiba, jumlah kecelakaan lalu lintas yang berkaitan dengan mudik sudah mencapai 900 kasus. Dari situ, 164 orang meninggal dunia. (Data Mabes Polri). Tetap mudik dengan utamakan keselamatan saat agar selamat sampai tujuan.

  • 155 kecelakaan (saat mudik)  dialami kendaraan roda dua, 40 kecelakaan dialami mobil berpenumpang, 22 kecelakaan dialami bus, 34 kecelakaan dialami mobil barang, dan 9 kecelakaan dialami jenis kendaraan lainnya. (Data Kepolisian RI). Siapapun Anda, selalu mengutamakan keselamatan adalah upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
  • 65 % dari Kecelakaan mobil yang terjadi disebabkan oleh kelalaian individu (Data Dupont). Sikap kita saat berkendaraan akan menentukan keselamatan di jalan.

  • Faktor mengantuk merupakan penyebab tertinggi kecelakaan saat mudik, sekitar 34% atau sepertiga dari kecelakaan diakibatkan mengantuk. (Data Ditjen Perhubungan Darat) Persiapkan kondisi tubuh sebelum berkendaran, istirahat setiap 2 jam perjalanan, semoga Anda selalu selamat selama di jalan.
  • Faktor kedua yang merupakan penyebab tertinggi kecelakaan saat mudik adalah kurang antisipasi (28%), karena mengemudi mobil adalah pekerjaan yang menuntut 100% konsentrasi. (Data Ditjen Perhubungan Darat). Fokus dan jaga konsentrasi Anda dari hal hal yang dapat mengalihkannya.
  • Faktor ketiga penyebab tertinggi kecelakaan saat mudik adalah pecah ban kendaraan. (Data Ditjen Perhubungan Darat). Periksa ban sebelum berkedaraan dan berhenti bila dirasa ada yang tidak beres dengan ban kendaraan Anda.
  • Riset menunjukan bahwa semakin kecepatan berkendaraan ditingkatkan, semakin besar pula potensi terjadinya kecelakaan fatal. (Data WHO) Berkendaraanlah denga kecepatan yang bijak sesuai situasi dan kondisi yang tepat.

Semoga informasi ini dapat menginspirasi para rekan Pro Safety seta rekan kerabat kita yang juga para pengguna jalan.
Sumber: Lorco.co.id  dan diadaptasi juga dari berbagai sumber
(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)
By Kang Aa Widi Safari
Selasa, 23 Agustus, 2011 03:48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar